OPTIMALISASI MEDIA QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI MAN 2 SEMARANG PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME
DOI:
https://doi.org/10.31258/randai.3.2.p.12-23Keywords:
Optimalisasi, Konstruktivisme, Media Pembelajaran QuizizzAbstract
Optimalisasi pembelajaran sosiologi menggunakan Quizizz pesertadidik Generasi Z terhadap perspektif konstruktivisme memiliki tujuan meningkatkan pembelajaran melalui media permainan Quizizz. Melalui teori belajar konstruktivisme pesertadidik kelas XII IPS MAN 2 Semarang memiliki kebebasan belajar dan pengalaman mengembangkan belajar dari pesertadidik untuk dapat mengikuti pembelajaran yang menyenangkan dan termotivasi melalui media pembelajaran Quizizz. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat belajar perspektiv konstruktivisme pesertadidik generasi Z Kelas XII IPS MAN 2 Semarang. Memberikan solusi kepada pesertadidik supaya termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kajian referensi tentang Teori belajar konstruktivisme pesertadidik generasi Z Kelas XII IPS MAN 2 semarang terhadap media pembelajaran dalam jaringan berupa Quizizz. Hasil penulisan data menunjukan optimalisasi belajar terhadap perspektiv konstruktivisme pesertadidik generasi Z Kelas XII IPS MAN 2 Semarang memiliki pengetahuan dan pengalaman dari smartphone yang dimiliki. Dengan smartphonya pesertadidik mampu belajar serta memanfaatkan teknologi untuk bermainan atau pembelajaran dengan bermain melalui media atau aplikasi Quizizz. Hasil penulisan data menunjukan optimalisasi belajar terhadap perspektiv konstruktivisme pesertadidik generasi Z Kelas XII IPS MAN 2 Semarang memiliki pengetahuan dan pengalaman dari smartphone yang dimiliki. Dengan smartphonya pesertadidik mampu belajar serta memanfaatkan teknologi untuk bermainan atau pembelajaran dengan bermain melalui media atau aplikasi Quizizz. Hasil penulisan data menunjukan optimalisasi belajar terhadap perspektiv konstruktivisme pesertadidik generasi Z Kelas XII IPS MAN 2 Semarang memiliki pengetahuan dan pengalaman dari smartphone yang dimiliki. Dengan smartphonya pesertadidik mampu belajar serta memanfaatkan teknologi untuk bermainan atau pembelajaran dengan bermain melalui media atau aplikasi Quizizz.
References
Abidin, M. (2022). Urgensi komunikasi model stimulus organism response (S-O-R) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Komunikasi & Bahasa, 3(1), 47–59.
Azhari, A., & Somakim, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 2 Banyuasin Iii. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.992.1-12
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Creswell, W. J. (2017). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga). Pustaka Pelajar.
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152–157.
Hidayati, I. D., & Aslam, A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37038
Khasinah, S. (2013). Hakikat Manusia Menurut Pandangan Islam Dan Barat. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 296–317. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.480
Kristiawan, M. (2016). FILSAFAT PENDIDIKAN The choice is yours. In Converting Today (Vol. 26, Issue 4). Valia Pustaka Jogjakarta.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188
Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26.
Oktav Nugraha, S. M., Priyanto, A. S., & Alimi, M. Y. (2020). Factors of Changes in Livelihood Choices for Generation Z and Impact on Farmer’s Families. Journal of Educational Social Studies, 9(2), 27–35. https://doi.org/10.15294/jess.v9i2.41427
Pembelajaran, K., & Menggunakan, P. (2018). kemampuan berpikir kritis siswa bagi setiap guru mata pelajaran di lingkungan persekolahan , oleh karena itu untuk sendiri pengetahuannya dengan melakukan penyelidikan dan dengan harapan. Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), 244–254.
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396
Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Rofiq, A. A., Anjaina, A., Romdloni, R., & Ulwiyah, N. (2022). Media Quizizz Mampu Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 101. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.101-112.2022
Rosmilawati, I. (2017). Konsep Pengalaman Belajar dalam Perspektif Transformatif: Antara Mezirow dan Freire. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 317–326.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Stillman, D. (2018). Generasi Z : Memahami karakter generasi baru yang akan mengubah dunia kerja. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Syahreza, M. F., & Tanjung, I. S. (2018). Motif Dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNIMED. Jurnal Interaksi, 2(1), 61–84.
Tamrin, M. I. (2018). Pendidikan Non Formal Berbasis Masjid Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Umat Dalam Perspektif Pendidikan Seumur Hidup. MENARA Ilmu, XII(79), 70.
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL RANDAI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.