Pengaruh Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PPKn FKIP Universitas Riau
DOI:
https://doi.org/10.31258/randai.3.1.p.25-34Keywords:
Pengaruh, Kompetensi Pedagogik Dosen, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah perguruan tinggi harus mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing sesuai dengan standar nasional dan standar internasional pendidikan, agar hal tersebut terwujud maka kemampuan seorang dosen dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevalusi pembelajaran harus dikuasai agar mahasiswa termotivasi untuk terus belajar sehingga kualitas lulusan semakin baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PPKn FKIP Universitas Riau. Manfaat praktis bagi peneliti adalah untuk menambah ilmu dan pemahaman tentang dunia pendidikan, sehingga semakin semangat untuk mengamalkan ilmu. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa PPKn FKIP Universitas Riau angkatan 2018, 2019 dan 2020 yang berjumlah 209 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah 53 mahasiswa dengan teknik sampling yang digunakan yaitu Simple Random Sampling, kemudian pengambilan sampel secara acak. Metode pengumpulan data yaitu, observasi, angket, dan dokumentasi. Pengolahan data dengan analisis statistik dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dibantu aplikasi SPSS versi 28, hipotesis yang dirumuskan terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa di program studi PPKn FKIP Universitas Riau. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kompetensi pedagogik dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa PPKn FKIP Universitas Riau yaitu sebesar 36,6%.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Emda, Amna. 2017. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran”. Lamtanida Journal, 5, no. 2: 93-196.
Hatta. 2018. Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru. Sidiarjo: Nizamia Learning Center.
Janawi. 2019. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Masni, Harbeng. 2015. “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa”. Dikdaya, 5, no. 1: 34-45.
Muhammad, Maryam. 2016. “Pengaruh Motivasi dalam Belajar”. Lantanida Journal, 4, no. 2: 87-97.
Munawarah. 2018. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistik Deskriptif Program Studi Ekonomi Islam Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Stain Watampone”. Ekspose,17, no.2: 672-682.
Nurhalimah, dkk. 2020. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI I’ANATUSSHIBYAN”. Jurnal Pendidikan Guru,1, no.1: 29-41.
Onde, Mitra Kasih La Ode, dkk. 2021. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, no. 6: 4400-4406.
Suharni & Purwanti. 2018. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3, no. 1: 131-145.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 mengenai Standar Nasional Pendidikan
Zainuri, Ahmad. 2018. Menakar Kompetensi dan Profesionalitas Guru Madrasah di Palembang. Palembang: Tunas Gemilang Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL RANDAI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.