PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 5 RAMBANG

Authors

  • Adiya Atma Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31258/randai.2.2.p.37-45

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA SD Negeri 5 Rambang. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif (eksperimen) dengan bentuk nonequevalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 5 Rambang. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini ialah kelas IV B sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 siswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-. Berdasarkan hasil tes yang di dapat nilai rata-rata siswa untuk kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran talking stick adalah 67,45 dan nilai rata-rata tes siswa kelas kontrol  adalah 60,71. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran talking stick dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta:Reneka Cipta.

Asyafah, A . (2019). Menimbang model pembelajaran Jakarta:Universitas Pendidikan Indonesia

Apriyani, Y. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rambang. Palembang:FKIP Universitas PGRI Palembang.

Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial Bandung:Alfabeta

Faradita,M,N.(2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Surabaya: Universitas Muhamadiyah Surabaya

Huda, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Ajaran 2017/2018 Malang:Sekolah Dasar Negeri Dengkol 03 Singosari

Isro’atun & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta:Bumi Aksara

Kesumawati, N. & Adrianu, I. (2018). Statistik Parametrik Penelitian. Palembang:Noer Fikri

Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pedidikan Matematika. Bandung: Rapika aditama

Misbahudin, &Hasan, I. (2014). Analisis DataPenelitian Dengan Statistik.Jakarta:Bumi Aksara

Nilayanti dkk. (2019). Pengaruh Model pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD.Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Jakarta :PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, (2013). Metode Statistika. Bandung:Tarsito.

Sugiyono. (2015). Statistik Untuk Penelitian.Bandung:Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2019. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta Prenadamedia Group.

Siregar, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Konsep Sistem Indra Aceh Tenggara Indonesia: Universitas Gunung Leuser

Sundari, Hanna. 2015. Model Pembelajaran dan Pemefolehan Bahasa Kedua atau Asing. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta: Jurnal Pujangga

Selviati, F.Lian, B.Wardarita, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Kinerja Guru SMP Se-kecamatan Sako Palembang Palembang:Universitas PGRI Palembang

Wijayanti, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid 19 Ngawi:STKIP Modern Ngawi

Downloads

Published

04/25/2022

How to Cite

Adiya Atma. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 5 RAMBANG. JURNAL RANDAI, 2(2), 37–45. https://doi.org/10.31258/randai.2.2.p.37-45

Issue

Section

Articles