PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 5 RAMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31258/randai.2.2.p.37-45Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA SD Negeri 5 Rambang. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif (eksperimen) dengan bentuk nonequevalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 5 Rambang. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini ialah kelas IV B sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 siswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-. Berdasarkan hasil tes yang di dapat nilai rata-rata siswa untuk kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran talking stick adalah 67,45 dan nilai rata-rata tes siswa kelas kontrol adalah 60,71. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran talking stick dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta:Reneka Cipta.
Asyafah, A . (2019). Menimbang model pembelajaran Jakarta:Universitas Pendidikan Indonesia
Apriyani, Y. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rambang. Palembang:FKIP Universitas PGRI Palembang.
Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial Bandung:Alfabeta
Faradita,M,N.(2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Surabaya: Universitas Muhamadiyah Surabaya
Huda, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Ajaran 2017/2018 Malang:Sekolah Dasar Negeri Dengkol 03 Singosari
Isro’atun & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta:Bumi Aksara
Kesumawati, N. & Adrianu, I. (2018). Statistik Parametrik Penelitian. Palembang:Noer Fikri
Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pedidikan Matematika. Bandung: Rapika aditama
Misbahudin, &Hasan, I. (2014). Analisis DataPenelitian Dengan Statistik.Jakarta:Bumi Aksara
Nilayanti dkk. (2019). Pengaruh Model pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD.Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Jakarta :PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, (2013). Metode Statistika. Bandung:Tarsito.
Sugiyono. (2015). Statistik Untuk Penelitian.Bandung:Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. 2019. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta Prenadamedia Group.
Siregar, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Konsep Sistem Indra Aceh Tenggara Indonesia: Universitas Gunung Leuser
Sundari, Hanna. 2015. Model Pembelajaran dan Pemefolehan Bahasa Kedua atau Asing. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta: Jurnal Pujangga
Selviati, F.Lian, B.Wardarita, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Kinerja Guru SMP Se-kecamatan Sako Palembang Palembang:Universitas PGRI Palembang
Wijayanti, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid 19 Ngawi:STKIP Modern Ngawi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL RANDAI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.