ANALISIS SELF-MOTIVATION DALAM PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA JURUSAN PIPS FKIP UNIVERSITAS RIAU
DOI:
https://doi.org/10.31258/randai.2.2.p.1-7Keywords:
Self-Motivation, Keingintahuan Yang Kuat, Penguasaan Diri Mencapai Tujuan, Cita-citaAbstract
Tujuan Penelitian Untuk mengetahui faktor-faktor penentu self-motivation dalam pembelajaran daring mahasiswa jurusan program ilmu pendidikan sosial (PIPS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Riau Pekanbaru khususnya jurusan Program Ilmu Pendidikan Sosial (PIPS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik Area Propotional Random Sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif yang di uji prasyarat menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan melalui tiga indikator bahwa faktor penentu Self-Motivation mendapatkan hasil akhir keingintahuan yang kuat berada dalam kategori sedang dengan pencapaian 80,50%, penguasaan diri akan tujuan juga berada pada kategori sedang dengan pencapaian 74,39%, dan cita-cita berada pada kategori tinggi dengan pencapaian 94,24%.
References
Darsono, dkk, 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Dewi Mardhiyana, 2017, Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Evaluasi Proses Dan Hasil Pembelajaran Matematika, Jurnal Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, P.Issn:2303-3983 E.Issn:2548-3994 Vol. 5 No. 1 Januari 2017 Hal. 1–8
Dimyati & Mudjiono,2004, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Kependidikan, Dirjen Dikti Depdikbud
Hamzah B. Uno, 2017 Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah, B. Uno. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature
Thorne, S. L. (2013). Language Learning, Ecological Validity, and Innovation Under Conditions of Superdiversity. Bellaterra Journal of Teaching & Learning Language & Literature
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL RANDAI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.