UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SD NEGERI 006 UJUNGBATU TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.31258/randai.2.1.p.95-98Keywords:
Kompetensi Akademik, Bimbingan BerkelanjutanAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum semua guru membuat pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan guru dalam membuat pengembangan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sehingga proses belajar mengajar terarah dan prestasi belajar meningkat.Sumber data berasal dari instrumen yang disampaikan kepada guru SD Negeri 006 Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan kualitatif, selanjutnya dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui apakah pembinaan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan dan kemauan guru dalam membuat RPP. Berdasar hasil observasi silabus pada siklus pertama di peroleh data peningkatan presentase kesesuaian yaitu pada komponen penentuan materi ajar dari 50 % menjadi 75 %, Kegiatan pembelajaran meningkat dari 25% menjadi 75%, Indikator dari 25 % menjadi 75 %, jenis penilaian dari 50% menjadi 75%.Sedangkan pada siklus kedua yaitu penyusunan RPP ada peningkatan dalam hal menentukan model pembelajaran sudah ada peningkatan yaitu : dari 25 % meningkat menjadi 75 % dan aspek penilaian dari 25 % meningkat menjadi 75 %, Indikator meningkat dari 25% menjadi 75%, tujuan pembelajaran meningkat dari 50% menjadi 75%, materi ajar dari 25% menjadi 75%. Berdasar hasil analisis data diatas ditarik kesimpulan bahwa : Pembinaan berkelanjutan dapat meningkatkan kamampuan guru dalam membuat pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran
References
Arikunto, Suharsimi. ( 2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Frank Parson. 1951 (dalam RM Fatihah http://eko13.wordpress.com)
Badan Diklat Profesi Guru Sertifikasi Guru Rayon 11 DIY & Jateng, “Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)”.Tim PUDI Dikdasmen Lemlit UNY, Yogyakarta, 2007
Departemen Pendidikan Nasional, “Perencanaan Pembelajaran” Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan, Jakarta, 2004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL RANDAI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.