UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA PLUS AL ITTIHAD CIANJUR
DOI:
https://doi.org/10.31258/randai.2.1.p.74-84Keywords:
Kedisiplinan Siswa, Peran Guru, Pembelajaran PAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Plus Al Ittihad Cianjur yang dilatarbelakangi karena belum optimal internalisasi kedisiplinannya. Masalah utama yang dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Plus Al Ittihad Cianjur. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik kedisiplinan siswa berbasis pendidikan Islam di SMA Plus Al Ittihad Cianjur, (2) Untuk mendeskripsikan upaya peningkatan kedisiplinan siswa berbasis pendidikan Islam di SMA Plus Al Ittihad Cianjur, 3) Untuk menganalisis kendala saat melakukan upaya peningkatan kedisiplinan siswa di SMA Plus Al Ittihad Cianjur. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan: (1) Angket, 2) Wawancara. Hasil penelitian dalam penelitian ini berkaitan dengan (1) Pembelajaran PAI dapat dijadikan sebagai suatu solusi untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan juga tercapai tujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, 2) Dibutuhkan peran seorang guru PAI didalamnya yang akan mampu meminimalisir setiap kendala
References
Aeni, Evi R. 2018. Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. Volume 4 Nomer 1. (http://jurnal.paiunwir.ac.id/ ) diunduh tanggal 19 Juni 2021.
Anja, Yoga. 2019. Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al Thariqah Volume 4 Nomer 1 (https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718/) diunduh tanggal 19 Juni 2021.
Azyumardi Azra. 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Creswell, John W. 2015. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches, terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Penelitian Qualitatif & Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan, Edisi III. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Doni Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: PT. Grasindo.
Hayati, Nur. 2019. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatan Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMAN 1 Plosokklaten Kediri. Skripsi. IAIN Tulungagung: Tidak Diterbitkan.
Herbert, Anna. 2010. The Pedagogy Of Creativity. London, New York: Routledge.
Imron, Ali. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Karyanto, Didit. 2019. Upaya Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Pembelajaran PAI Pada Sekolah Menengah Pertama. Halaqa Islamic Education Journal Vol.3 No.2. (https://doi.org/10.20170/halaqa.v3i2.2873/) diunduh tanggal 19 Juni 2021.
Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Lexy Moeloeng. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munandar. Utami. 2002. Kreativitas & Keterbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Nafis, Ahmadi H. Syukran. 2011. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Laksbang PRESSindo.
Nurjannah, Eka. 2020. Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction Volume 3 Nomer 2 ( https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2/ ) diunduh tanggal 19 Juni 2021.
Sugiana, Aset. 2019. Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SMK Ethika Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah Volume 1, No.1. (https://doi.org/10.19109/pairt.viii.3020/) diunduh tanggal 18 Juni 2021.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uyoh, Sadulloh., Agus Muharam. (2010). Pedagogik Ilmu Mendidik. Bandung: CV. Alfabeta.
Zuchdi, Darmiyati. 2006. Pendidikan Karakter dalam Teori dan Praktik. Yogyakara: UNY Pres
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL RANDAI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.