PEMBIMBINGAN KENAIKAN PANGKAT GURU MELALUI WORKSHOP PKG, PKB, DAN PENGHITUNGAN ANGKA KREDIT

Authors

  • Sri Winaryati Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.31258/randai.2.1.p.67-73

Keywords:

PKG, PKB, Angka Kredit, Bimbingan Berkelanjutan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memahami PK-Guru, PKB, dan menghitung angka kredit dalam rangka kenaikan pangkat dan/atau jabatan guru SMP di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dapat disimpulkan bahwa pembimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memahami PK-guru, PKB, dan menghitung angka kredit dalam rangka kenaikan pangkat dan/atau jabatan para guru di SMP di Kota Malang

References

Modul Pengembangan Profesi Pendidikan dan pelatihan Fungsional Calon Pengawas dan Penguatan Kompetensi Pengawas Sekolah

Panduan Kerja Pengawas Sekolah/Madrasah Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Tahun 2017.

Aqib Zainal. 2006. Penelitian Penelitian Tindakan, Lamongan: Dinas Pendidikan

_________2009. Penelitian Tindakan Sekolah Untuk Pengawas dan Kepala Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Katni. 2013. PTS PBK. Pacitan: SMPN 4 Donorojo

http://kompetensi.info/kompetensi-guru/empat-kompetensi-guru.html

http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2014/10/komponen-pengembangan-keprofesian-berkelanjutan-pkb.html

https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2012/07/buku-2-pedoman-pkg.pdf

Downloads

Published

07/01/2021

How to Cite

Sri Winaryati. (2021). PEMBIMBINGAN KENAIKAN PANGKAT GURU MELALUI WORKSHOP PKG, PKB, DAN PENGHITUNGAN ANGKA KREDIT. JURNAL RANDAI, 2(1), 67–73. https://doi.org/10.31258/randai.2.1.p.67-73

Issue

Section

Articles