PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAPAT MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VIII.8 SMP NEGERI 1 UJUNGBATU TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.31258/randai.2.1.p.34-47Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran InquiryAbstract
Penelitian tindakan kelas ini berjudul “ Penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS pada siswa Kelas VIII.8 SMP Negeri 1 Ujungbatu tahun pelajaran 2017/2018”.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS di kelas VIII.8 SMP Negeri I Ujungbatu tahun pelajaran 2017/2018.” Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS di kelas VIII.8 SMP negeri 1 Ujungbatu. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis tindakan adalah hasil ulangan harian Pra siklus dan hasil ulangan dari dua siklus yang dilakukan. Dari hasil pra siklus 70,33 terlihat terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 76,00. Demikian juga post test pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan menjadi 86,00 maka secara umum penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII.8 di SMP Negeri 1 Ujungbatu.
References
Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2006).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Depdiknas (2006).Model Penilaian Kelas KTSP SMP/ MTs. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
Slameto (1995).Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Trianto, 2010, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta. Kencana
Perenade Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL RANDAI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.