PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAPAT MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VIII.8 SMP NEGERI 1 UJUNGBATU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Khardina SMP N 1 Ujung Batu

DOI:

https://doi.org/10.31258/randai.2.1.p.34-47

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inquiry

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini berjudul “ Penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS pada siswa  Kelas VIII.8 SMP Negeri 1 Ujungbatu tahun pelajaran 2017/2018”.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan aktifitas dan hasil  belajar IPS di  kelas VIII.8  SMP Negeri I Ujungbatu tahun pelajaran 2017/2018.” Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model  pembelajaran Inquiry   dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS di kelas VIII.8 SMP negeri 1 Ujungbatu. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis tindakan adalah hasil ulangan harian  Pra  siklus  dan hasil ulangan dari dua siklus yang dilakukan. Dari  hasil pra siklus 70,33 terlihat terjadi peningkatan pada siklus I menjadi  76,00. Demikian juga post test pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan  menjadi 86,00  maka secara umum penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan aktifitas  dan hasil belajar siswa di  kelas VIII.8 di SMP Negeri 1 Ujungbatu.

References

Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2006).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Depdiknas (2006).Model Penilaian Kelas KTSP SMP/ MTs. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Slameto (1995).Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosda Karya.

Trianto, 2010, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta. Kencana

Perenade Media Group

Downloads

Published

07/01/2021

How to Cite

Khardina. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAPAT MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VIII.8 SMP NEGERI 1 UJUNGBATU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. JURNAL RANDAI, 2(1), 34–47. https://doi.org/10.31258/randai.2.1.p.34-47

Issue

Section

Articles