MOTIVASI MAHASISWA DALAM PENERAPAN MODUL INTERAKTIF DI PRODI PPKN FKIP UNRI
DOI:
https://doi.org/10.31258/randai.4.1.p.20-23Keywords:
modul interaktif, motivasi, mahasiswa ppknAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis motivasi belajar mahasiswa Prodi PPKn FKIP Unri dalam penerapan modul pembelajaran interaktif pada perkuliahan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed methods) untuk mendapatkan data yang lebih komprehensif. Subjek penelitian adalah 56 mahasiswa Prodi PPKn FKIP Unri angkatan 2021 yang menggunakan modul interaktif dalam perkuliahan. Instrumen pengumpulan data kuantitatif adalah angket analisis motivasi belajar dengan skala Likert. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial untuk mengetahui gambaran motivasi intrinsik dan ekstrinsik mahasiswa terhadap modul interaktif. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata motivasi intrinsik mahasiswa lebih tinggi daripada skor rata-rata motivasi ekstrinsik. Mahasiswa merasa tertarik dan terbantu dalam memahami materi perkuliahan melalui tampilan dan fitur interaktif pada modul pembelajaran. Disimpulkan bahwa penerapan modul interaktif secara efektif dapat meningkatkan motivasi intrinsik mahasiswa dalam belajar. Rekomendasi diberikan untuk pengembangan modul interaktif lebih lanjut guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa.
References
Gasparini, Kaitlyn. 2012. NW School Health Chat, University of Calgary. Desember 2012.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Cetakan Kesepuluh. BumiAksara, Jakarta.
Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological Review, 50(4), 370–396.
Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Siswoyo, Hari, dkk. 2012. Kontribusi Kinerja Mengajar Dosen dan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. ERUDIO, Volume1, Nomor 1, hal 34-43.
Uno, H. B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL RANDAI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.