PROBLEMATIKA DAN IMPLEMENTASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI PADA PROSES PEMBELAJARAN

Authors

  • supentri universitas riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/randai.3.2.p.16-24

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran, Penggunaan Teknologi

Abstract

Artikel ini mempertimbangkan bagaimana problematika dan implementasi penggunaan tekonlogi dalam proses pembelajaran di SMA di. Penelitian ini deskriptif kualitatif yang menggambarkan problematika dan implementasi penggunaan teknologi disekolah, sampel diambil secara acak yang berjumlah 22 sekolah menengah atas. Hasil penelitian dari 22 sekolah yang diteliti, ada 1 sekolah yang belum menggunakan teknologi dalam pembelajaran, 2 sekolah yang sudah menggunakan teknologi secara lengkap dan terdapat 19 sekolah sudah memiliki teknologi namun belum memadai. Permasalahan yang didapat bahwa secara umum ada 2 faktor yang menyebabkan pembelajaran belum menggunakan teknologi; pertama fasilitas sehingga guru untuk menggunakan teknologi harus bergantian karena terbatas jumlahnya, kedua sumber daya manusia yaitu dari guru itu sendiri yang tidak mau menggunakan/memanfaatkan teknologi karena terbiasa dengan cara konvensional

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Ainul Yaqien, S. S. (2021). Meta Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. 7(1).

Baharsah, B., & Puspitaningsih, F. (2021). Pengaruh Media Google Classroom Terhadap Keberhasilan Belajar Mata Kuliah Semantik Mahasiswa Stkip Pgri Trenggalek. Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 65. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i1.9715

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Kencana.

Dedi Darmawan. (2017). Teknologi Pembelajaran (adriyani Kamsyach (ed.); 6th ed.).

Hariyadi, A. B. N. H. (2020). Pentingnya Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 558–569.

Hikmat, M. M. (2014). MetodePenelitian: DalamPersefektifIlmuKomunikasi Dan Sastra. Graha Ilmu.

Husain Usman Purnomo Setiady Akbar. (2008). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara.

Kriyantono. (2006). Riset Komunikasi. In Jakarta: kencana prenada media group. Kencana.

Lexy J. Moleong. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rosady Rusl. (2008). Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Raja Grafindo.

Syamsuar Syamsuar, R. R. (2019). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Etech, 16(2), 128–143.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Downloads

Published

07/20/2023

How to Cite

supentri. (2023). PROBLEMATIKA DAN IMPLEMENTASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI PADA PROSES PEMBELAJARAN. JURNAL RANDAI, 3(2), 16–24. https://doi.org/10.31258/randai.3.2.p.16-24

Issue

Section

Articles